Kamis, 16 Juni 2011

PC tidak tampil kelayar monitor

Hadir lagi sob,,,kali ini dengan tema masih seputaran komputer,,,ya mau gimana lagi sob karena memang dunia saya sekarang lebih kental dengan komputer dan sejenisnya,dan untuk blog saya saat ini, saya tidak akan berusaha untuk mempostingkan hal yang berkaitan dengan BLOG,,bukan tidak tertarik tetapi saya tidak punya dasar,,,jadi tidak berani memberikan sesuatu tanpa dasar dan kalau sekedar COPAS saya takut  kalau sewaktu-waktu ada yang minta pendapat tentang blog,,,,yang pastinya saya tidak bisa menjawabnya hehehe,tetapi kalau untuk komputer Insyaallah saya bisa,,oke sob kembali ketopik saya bagaimana mengatasi PC mungkin dulu orang lebih mudah menyebut komputer,,,yang tidak tampil kelayar monitor,,mungkin sobat semua pernah mengalami atau mendapatkan pasien ( bagi yang teknisi ) yang mempunyai masalah seperti yang saya sebutkan tadi,,,nah disini saya mencoba untuk memberikan beberapa cara mengatasi masalah tersebut,,,kalau sobat atau siapa saja  mempunyai masalah seperti itu,berikut cara-caranya:
  • Bersihkan dulu CPU terutama bagian dalam dengan menggunakan kompresor kalau ada,kalau tidak ada bisa dengan kuas atau apa aja,ditiup juga boleh sob,,,
  • Setelah bersih coba hidupkan PC apakah masih tidak tampil,dan kalau ternyata masih tidak tampil,,
  • Coba sobat buka memory (RAM) dan bersihkan dengan tissu atau semacamnya.
  • Pasang dan coba lagi,untuk beberapa kasus banyak yang berhasil setelah dibersihkan memory nya,dan kalau masih belum tampil juga,
  • Coba sobat ganti dengan menggunakan memory lain yang sama,sekedar untuk mengecek memory.Dan kalau ternyata masih sama
  • Buka Prosessornya,untuk membuka fan prosessor perhatikan betul-betul jangan sampai kaki pengait patah karena susah cari penggantinya sob,kecuali ganti baru,,
  • Setelah terbuka bersihkan prosessor,kemudian pasang lagi dan untuk mengecek apa prosessor masih bagus atau tidak sobat bisa hidupkan PC dan coba pegang prosessor,kalau panas berarti prosessor masih bagus.(hati-hati sob,pakai alas kaki biar tidak kesetrum)
  • Setelah terpasang jangan lupa untuk diberi pasta sob,lalu pasang lagi fan prosessornya,setelah yakin semua terpasang dengan benar coba hidupkan lagi,,,,,sampai disini ada juga yang sudah berhasil sob,,tetapi kalau masih belum tampil juga,,
  • Coba sobat pasang VGA card,sesuaikan dengan jenisnya,,,,hidupkan lagi dan kalau masih bandel sob,saatnya sobat cek mainboardnya,,,biar lebih jelas bisa juga sobat keluarkan mainboardnya dari casingnya.
  • Teliti dengan saksama sob bagian demi bagian mainboardnya,karena sudah berpuluh-puluh kali saya menemui kasus seperti ini dikarenakan bagian dari komponen mainboardnya kalau saya menyebutnya elco ada yang bengkak dan bahkan pecah,kalau ternyata sama seperti yang pernah saya alami,sobat bisa menggantinya,,atau konfirmasikan dulu sama yang punya barang kali mau ganti mainboard baru,sambil berdoa sob mudah-mudahan ganti baru biar tidak ribet,,,,,hehehe,,,,tetapi kalau ternyata minta untuk diperbaiki sobat bisa menggantinya dengan mencarikan di mainboard bekas atau beli baru di toko electronic.
  • Dalam penggantian ini usahakan extra hati-hati sob,karena pada dasarnya MB itu sensitif jadi salah-salah malah bisa mati total.
  • Setelah selesai diganti coba tess lagi sob,,,,,,dan tara,,,berhasil kan sob,,,?harusnya berhasil sob,tetapi kalau masih gak mau juga sob,,,,solusi terakhir dari saya konfirmasikan ulang dengan yang empunya kalau meinboardnya memang sudah minta ganti.Untuk lebih meyakinkan lagi kalau meinboardnya yang bermasalah sobat bisa mencoba memory,dan prosessor ke mainboard lain yang sama modelnya maksud saya seri LGA 775 atau 478,kalau ada yang bingung antara 478 dan LGA tandai saja dari bentuk fan prosessornya,kalau bulat berarti LGA dan kalau petak/kotak berarti 478.Tambahan sob setelah sobat coba bersihkan memory tadi bisa juga sobat ganti power supplay dulu karena bisa juga tidak tampilnya PC kelayar monitor dikarenakan lemahnya Power supplay.
Oke sob itulah cara-cara yang biasa saya pakai kalau mendapatkan pasien yang mempunyai masalah PC nya tidak tampil kelayar monitor,dan dari sekian banyak berhasil tanpa harus melalui tahap terakhir atau penggantian komponen mainboard.semoga postingan ini bisa membantu sobat semua,,,,,

0 komentar:

Posting Komentar